Hidup laksana roda pedati. Ada saatnya berada di atas, namun tidak lama kemudian di bawah. Dengan demikian, jangan terlalu bersedih apalagi meratap kala menghadapi masalah hidup yang dianggap pelik. Harus tetap optimis dan berprasangka baik, bahwa di balik kesedihan akan ada kebahagiaan. Dan pesan inilah yang antara lain mengemuka dari peristiwa Isra’ Mi’raj.
Setidaknya ada dua peristiwa penting yang melatarbelakangi terjadinya Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad
SAW. Dua kejadian itu amat berkesan dalam hati Nabi, peristiwa yang
diliputi dengan duka yang senantiasa menekan dadanya. Demikian berat
peristiwa itu dirasakan, sehingga para ahli sejarah menyebutnya dengan
istilah ‘Aam al-Huzni’ atau tahun kesedihan.
Peristiwa pertama adalah wafatnya Abu Thalib, paman yang sangat
dicintai, yang selama bertahun-tahun memeliharanya. Sejak Muhammad
berusia delapan tahun sampai diantar ke gerbang kebahagiaan ketika
menikah dengan Khadijah dalam usia 25 tahun. Abu Thalib sangat mencintai
Nabi, ia senantiasa melindungi dari berbagai tantangan dan rongrongan
yang datang dari kaum musyrik Quraisy.
Ia yang menjadi pelindung dan perisai bagi Nabi dari segala tindakan
musuh. Ia juga pemimpin Quraisy yang amat berwibawa dan disegani
berbagai kalangan.
Peristiwa kedua adalah wafatnya Sayyidah Khadijah,
istri yang sangat Muhammad cintai dan ia pun sangat mencintainya. Istri
yang senantiasa mendampinginya selama bertahun-tahun dalam segala suka
dan duka. Khadijah adalah perempuan bangsawan Quraisy yang memiliki
sifat keibuan nan luhur. Ia selalu berusaha membahagiakan Nabi dalam
segala kehidupannya dan senantiasa mendukung beragam kegiatan yang
dilakukan.
Mengenai Khadijah yang kedudukannya tidak bisa digeser siapapun di samping Nabi, ia mengatakan: Allah
tidak menggantikan untukku seorang yang lebih baik dari Khadijah, ia
seorang yang pertama kali beriman kepadaku, pada saat orang lain
mendustakan aku. Ia yang senantiasa mencintaiku tatkala banyak orang
membenciku. Ia korbankan harta kekayaannya dalam rangka membela agama.
Setelah kehilangan dua orang yang dicintainya itu, Nabi Muhammad semakin
menjumpai berbagai kesulitan. Tekanan orang Quraisy dirasakan semakin
keras saja. Dua peristiwa di atas akan meninggalkan luka yang parah
dalam jiwa manusia, bagaimanapun ia kuat dan tabah. Ia akan menimbulkan
benih-benih keputusasaan dalam jiwa seseorang, andaikata tidak dibekali
dengan iman yang kuat. Sepeninggal keduanya, terus menerus Nabi
menghadapi permusuhan dan penghinaan dari kaumnya, sehingga pernah
dilempari dengan tanah kotor, sehingga mengenai seluruh kepalanya.
Dengan bekas tanah masih menempel di kepalanya. Fatimah putrinya yang
sangat dicintai, membersihkan tanah itu. Ia membersihkannya sambil
menangis, mencucurkan air mata, tanda kesedihan yang sangat mendalam.
Tak ada yang lebih sakit rasanya dalam kalbu seseorang ayah daripada
mendengar isak tangis anaknya, lebih-lebih yang mencucurkan air mata itu
adalah anak perempuan. Setetes air mata kesedihan yang menitik dari
kelopak mata seorang putri adalah sepercik api yang membakar jantung. Ia
juga secercah duka yang menyelinap jauh ke lubuk hati dalam rintihan
jiwa yang menyedihkan.
Muhammad SAW adalah ayah yang sangat bijaksana dan penuh kasih kepada anak-anaknya. Yang kita lihat dari reaksinya terhadap tangisan anak perempuannya, yang merasa sedih dan duka karena malapetaka yang menimpa ayahnya. Peristiwa yang mengharukan itu dihadapi dengan kesabaran dan berlapang dada. Semuanya dikembalikan kepada Allah dengan penuh iman dan takwa. Ia berkata kepada putrinya: Jangan menangis anakku sesungguhnya Allah akan melindungi ayahmu. (Muhammad Husen Haikal, Hayatu Muhammad: 186).
Karena tekanan dan penghinaan orang Quraisy terhadap Rasul semakin gencar, terlintas olehnya untuk melakukan perjalanan ke Thaif, berdakwah kepada penduduk negeri itu. Rasul menaruh harapan semoga kaum Tsaqif yang menduduki wilayah Thaif yang amat subur dengan udara sejuk itu mau menerima agama Allah. Thaif sebuah kota kecil yang kini sering dipakai tempat peristirahatan di musim panas karena hawanya sejuk, berjarak 60 kilo meter sebelah timur laut Kota Makkah.
Sesampainya di Thaif, setelah mengadakan perjalanan yang melelahkan dengan terik panas matahari yang menyengat, Nabi memasuki kota itu dengan penuh harapan. Ia berharap semoga penduduk Thaif mau menerima kedatangan dan dakwahnya yang senantiasa ia perjuangkan. Harapan dan keinginan Nabi menjadi sirna, ketika memasuki kota itu dengan sambutan yang sangat mengecewakan. Penduduk Thaif ternyata amat bengis, mereka menolak kedatangan Nabi Muhammad, dakwahnya mereka tolak dengan kasar.
Demikian kasarnya sikap mereka kepada Nabi, sehingga mereka mengkhianati kebiasaan bangsa Arab, yang selalu menghormati tamunya. Orang-orang Thaif mengusir Nabi dengan kasar, bahkan dilempari dengan batu. Nabi segera menghindari mereka, berlindung di bawah pohon anggur milik Uthbah dan Syaibah. Kakinya mengucurkan darah sehingga melengket di sandalnya karena darah yang mengering. Menghadapi penghinaan yang teramat keras, Nabi tidak mengutuk mereka, bahkan menyampaikan doa: Wahai Tuhanku, tunjukilah kaumku, karena sesungguhnya mereka belum mengetahui. Di tempat itu, Nabi menengadah ke langit, hanyut dalam suatu doa pengaduan yang sangat mengharukan.
اَللَّهُمَّ إِنِّي أَشْكُوْ إِلَيْكَ ضَعْفَ قُوَّتِيْ وَقِلَّةَ حِيْلَتِيْ وَهَوَانِيْ عَلَى النَّاسِ أَنْتَ رَبُّ الْعَالَمِيْنَ وَأَنْتَ رَبُّ الْمُسْتَضْعَفِيْنَ وَأَنْتَ رَبِّيْ إِلَى مَنْ تَكِلُنِيْ إِلَى بَعِيْدٍ يَتَجَهَّمُنِيْ أَمْ إِلَى عَدُوٍّ مَلَكْتَهُ أَمْرِيْ؟ إِنْ لَمْ يَكُنْ بِكَ عَلَيَّ غَضَبٌ فَلَا أُبَالِيْ غَيْرَ أَنَّ عَافِيَتَكَ هِيَ أَوْسَعُ لِيْ. أَعُوْذُ بِنُوْرِ وَجْهِكَ الَّذِيْ أَشْرَقَتْ لَهُ الظُّلُمَاتُ وَصَلُحَ عَلَيْهِ أَمْرُ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ أَنْ يَحِلَّ عَلَيَّ غَضَبُكَ أَوْ أَنْ يَنْزِلَ بِيَ سُخْطُكَ لَكَ الْعُتْبَى حَتَّى تَرْضَى وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلَّا بِكَ.
Artinya: Wahai Allah Tuhanku, kepada-Mu aku mengadukan kelemahan diriku, kekurangan daya upayaku dan kehinaanku di hadapan sesama manusia. Wahai Allah Yang Maha Kasih dari segala kasih, Engkau adalah pelindung orang-orang yang lemah dan teraniaya. Engkau adalah pelindungku. Tuhanku, kepada siapa Engkau serahkan diriku? Apakah kepada orang jauh yang membenciku atau kepada musuh yang menguasai diriku. Tetapi asal Kau tidak murka padaku, aku tidak perduli semua itu. Rahmat dan karunia-Mu lebih luas bagiku, aku berlindung dengan cahaya-Mu yang menerangi segala kegelapan, yang karenanya membawa kebahagiaan bagi dunia dan akhirat, daripada murka-Mu yang akan Kau timpakan kepadaku. Engkaulah yang berhak menegurku sehingga Engkau meridhaiku. tiada daya dan upaya kecuali dari-Mu. (Muhammad Husen Haikal, Hayatu Muhammad, hal 187).
Munajat dan doa pengaduan tersebut kemudian dikenal dengan nama doa Thaif. Demikianlah aneka peristiwa penting yang terus menguji ketabahan Nabi, menjelang mendapatkan kehormatan yang agung, yaitu peristiwa Isra’ dan Mi’raj.
Kita hendaknya dapat mengambil pelajaran tersebut sebagai teladan dalam mengarungi kehidupan. Dalam doa itu Nabi mendekatkan diri pada Tuhannya dengan merasakan kelemahan diri dan ketidakmampuannya. Sikap merendahkan diri dan mengakui kelemahan serta kekurangan di hadapan Allah adalah merupakan ciri dari manusia yang imannya sempurna. Penghambaan diri di hadapan Allah adalah merupakan realisasi dari ikrar dalam surat al-Fatihah: Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in, hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan.
Dalam doa itu juga ditegaskan dengan penuh keyakinan bahwa hanya kepada Allah sajalah tempat berlindung dan tempat memohon segala pertolongan. Selanjutnya Nabi menegaskan bahwa sekiranya semua orang membenci atau memusuhinya, hal itu tidak ada masalah, asal Allah meridhainya. Keridhaan Allah adalah dambaan setiap orang yang beriman, sedangkan rahmat-Nya dapat mengalahkan segala kesulitan yang diderita umat manusia, betapa pun beratnya.
Banyak orang yang kelihatannya menderita dalam kehidupan dunia, tetapi sebenarnya merasakan kebahagiaan batin yang tidak dirasakan orang lain. Seorang yang bertakwa kepada Allah dengan takwa yang setinggi-tingginya akan merasakan bahagia meskipun dalam kesederhanaan materi. Ia akan merasa ramai meskipun sendirian, merasa berani meski tanpa pendukung. Ia akan memiliki dada yang lapang, bagaikan samudera yang tidak bertepi. Bila memperoleh nikmat bersyukur, dan bila terkena musibah tabah dan sabar.
Dengan demikian, di balik kesedihan, duka, nestapa, galau, kesulitan dan hal tidak diinginkan lainnya, percayalah bahwa akan ada hal indah yang dijanjikan Allah SWT.
Sumber : https://jatim.nu.or.id/keislaman/pesan-isra-mi-raj-usai-duka-pasti-ada-bahagia-JPrYQ