MEDSOS : " Bijak dalam Bermedia Sosial "



“SARING DULU, BARU SHARING !!!”
(Bijak dalam Bermedia Sosial)

1. Pengertian Media Sosial

Media sosial adalah media yang berupa situs dan aplikasi yang melibatkan teknologi berbasis internet. Media berbasis teknologi internet ini mendorong dan memungkinkan penggunannya saling terhubung dengan siapa saja, baik orang-orang terdekat hingga orang asing yang tidak pernah dikenal sebelumnya. Media sosial sebagai media yang memberikan fasilitas layanan jaringan online yang dapat menghubungkan orang-orang secara individu atau kelompok (Triastuti & Nurul, 2017).

Media sosial adalah media yang berupa situs dan aplikasi yang melibatkan teknologi berbasis internet. Media berbasis teknologi internet ini mendorong dan memungkinkan penggunannya saling terhubung dengan siapa saja, baik orang-orang terdekat hingga orang asing yang tidak pernah dikenal sebelumnya.

2. Dampak Positif Dan Dampak Negatif Media Sosial

Penggunaan media sosial bisa menjadi nilai yang positif jika para penggunanya
menggunakan sarana tersebut untuk hal-hal yang bersifat positif misalnya untuk menambah ilmu pengetahuan, untuk sarana komunikasi dan promosi, untuk sarana mengeksploitasi kemampuan diri dan juga sebagai sarana untuk membangun silaturahmi antar sesame pengguna. Tetapi jika penggunaan media sosial ini digunakan untuk hal yang negatif dan tidak produktif akan berdampak kurang baik terhadap tatanan kepribadian pengguna maupun kepada tatanan budaya dasar masyarakat dan lingkungan (Yoyon M Darusman.,dkk. 2021).

3. Tips-Tips Bijak Menggunakan Media Sosial

Agar bisa menggunakan media sosial dengan tenang dan aman, berikut tips yang bisa kamu lakukan (Triastuti & Nurul, 2017), yaitu:

a. Menggunakan media sosial sesuai dengan kebutuhan

b. Menjaga sikap dan etika dalam berinteraksi dengan pengguna lain.

c. Jaga privasi (memberikan informasi pribadi yang sewajarnya)

d. Menyaring informasi yang didapat (hindari pembuatan dan penyebaran konten yang mengandung unsur sara, Hoax, kekerasan, Pornografi)

e. Menghargai karya orang lain (cantumkan sumber konten)

f. Menghindari akun-akun provokatif, dan terakhir

g. Memaksimalkan manfaat penggunaan media sosial


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama